Sabtu, 17 November 2012

“Hotel of Doom” di Korut Dibuka Tahun Depan

Sebuah hotel berbentuk piramida yang sangat besar telah selesai dibangun setengahnya selama puluhan tahun di ibukota Korea Utara, dilaporkan akan mulai dibuka pada tahun depan, seperti yang diungkapkan pihak hotel mewah tersebut pada Jumat.

Ryugyong Hotel yang memiliki 105 lantai di Pyongyang tersebut, merupakan sebuah bangunan beton yang dijuluki "Hotel of Doom" oleh media internasional. Hotel itu telah berulang kali tertunda pembangunannya dan berdiri sebagai simbol dari masalah ekonomi yang mengganggu negara miskin tersebut.

Meskipun adanya keraguan bahwa hotel itu akan selesai dibangun, pimpinan grup hotel Kempinski AG yang berbasis di Jenewa mengatakan bahwa pembukaan hotel tersebut akan dilakukan pada tahun depan, menurut media Korea Selatan.

Korea JoongAng Daily yang berbasis di Seoul mengutip pernyataan CEO Kempinski, Reto Wittwer, yang mengatakan bahwa grup tersebut akan membuka Ryugyong Hotel pada Juli atau Agustus 2013, dengan menawarkan 150 kamar di lantai atas hotel tersebut.

"Hotel itu akan menjadi kompleks yang serbaguna, dengan tiga lantai terendah akan digunakan untuk lobi, restoran dan pusat perbelanjaan, sedangkan sisanya dari lantai atas akan digunakan untuk perkantoran," katanya.

Harian Korea Selatan, Chosun Ilbo, juga mengutip pernyataan Wittwer yang mengatakan bahwa grup Kempinski berencana membuka hotel tersebut di semester pertama tahun depan.

Mantan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il, yang meninggal pada Desember lalu, dilaporkan memerintahkan pembangunan hotel pada 1987, dengan keterampilan dan modal dari perusahaan asal Prancis.

Pada 2008, proyek tersebut diberi julukan sebagai 'Gedung Terburuk dalam Sejarah Manusia' oleh majalah lifestyle AS, Esquire.

Pada September tahun ini, perusahaan Koryo Tours yang berbasis di Beijing dan yang mengatur perjalanan ke Korea Utara, diberikan akses untuk bisa mengambil gambar yang jarang diberikan di dalam hotel.

Foto yang diambil oleh perusahaan dan diberikan kepada AFP menunjukkan lobi yang tertutup kaca yang lebar dan atrium dengan tingkatan beton yang terbuka pada dasarnya, menyerupai tempat parkir mobil bertingkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar