Jumat, 14 September 2012

Suku Karen Thailand

Sekarang saya mau membahas tentang suatu suku yang berada di thailand suku ini termasuk salah satu suku yang unik menurut saya namanya Suku Karen. Awalnya saya cuma nonton tapi nggak ada acara yang seru akhirnya saya gonta ganti chanel TV tapi pas chanelnya singgah di Trans Tv Saya langsung liat acara ETHNIC RUNAWAY diacara itu saya lihat ada orang yang make gelang dilehernya yang sumpah bikin saya jadi ngeri sendiri, gelangnya itu kayak nyekik lehernya orang itu...
Ini adalah gambar dari suku karen yang mengenakan gelang di lehernya

 
Belakangan ini saya tahu ternyata aslinya suku karen tinggal dihutan pedalaman, perbatasan antara thailand dan myanmar, di provinsi Maehongson. karena keunikannya  pemerintah thailand memanfaatkan suku karen sebagai tempat pariwisata thailand dan menempatkannya di desa huay pu keng, huay suah toh, dan kayan pu peng. kalo kita ingin berwisata ke thailand dan ingin melihat suku karen kita tidak perlu lagi untuk kehutan pedalaman tapi cukup datang ke desa-desa tersebut dengan membayar 10 us dolar. disana kita bisa menyaksikan budaya dan hasil kerajinan suku karen.
Wanita suku karen terkenal dengan lehernya yang panjang. alasan mereka memanjangkan leher konon katanya agar seperti burung phoenix.
Ini adalah gambar burung phoenix.

mereka percaya wanita suku karen itu keturunan burung phoenix, gelang pada leher tersebut mulai dipasangkan sejak berumur 5 tahun. setiap 2-3 tahun sekali tumpukan gelang ditambah, sampai si anak berumur 19 tahun kemudian gelang diganti dengan gelang yang terbuat dari besi berwarna keemasan. gelang hanya boleh dilepas setiap ada moment khusus seperti melahirkan, pernikahan, dan meninggal. melepas gelang tentunya itu sulit sekali karena besi tersebut berupa lonjoran besi panjang yang dipasang secara spiral. kalau tidak hati-hati leher kita bisa patah!


Selain leher kaki dan tangan wanita karen juga dililiti besi. menurut mereka semakin panjang leher, seorang wanita akan terlihat semakin cantik. konon gelangnya membebani leher wanita bisa mencapai 7 kg, sedangkan berat gelang di kaki 1 kg. Hah pasti itu berat sekali, nggak bisa ngebayangin kalo saya ada diposisi mereka dan katanya nih yah wanita karen banyak meninggal pada usia 40-50 tahun. tidak tau penyebabnya apa, tapi diduga itu mungkin karena besi-besi yang membebani tulang leher mereka merusak susunan tulang pada organ tubuh lain. kasian sekali.

2 komentar: