Senin, 12 November 2012

1,2 Miliar “Perangkat Pintar” akan Terjual pada 2013

Penjualan global “perangkat pintar,” meliputi smartphone dan tablet, akan mencapai 821 juta di seluruh dunia pada tahun ini, dan 1,2 miliar pada 2013, menurut sebuah lembaga penelitian pada Selasa.
Gartner Inc. mengatakan bahwa perangkat-perangkat ini memperoleh momentum yang kuat, saat banyak konsumen memilih untuk menggunakan perangkat-perangkat tersebut daripada komputer-komputer pribadi.
“Untuk sebagian besar pebisnis, smartphone dan tablet tidak akan seluruhnya menggantikan PC, namun di beberapa tempat smartphone dan meningkatnya popularitas tablet mengubah cara pebisnis melihat strategi perangkat mereka dan cara konsumen meraih perangkat tersebut,” ujar Carolina Milanesi, wakil presiden peneliti Gartner.
Hingga 2016, Milanesi mengatakan “dua pertiga dari sektor kerja mobile akan memiliki sebuah smartphone dan 40 persen tenaga kerja akan mobile.”
Dia mengatakan tablet akan menjadi perangkat utama untuk mobilitas para pekerja, dengan 13 juta tablet digunakan untuk kegiatan bisnis pada tahun ini, meningkat menjadi 53 juta hingga 2016.
Gartner memperkirakan bahwa 56 persen smartphone yang dibeli oleh para pebisnis di Amerika Utara dan Eropa akan menjadi perangkat Android pada 2016, naik dari 234 persen pada 2012.
“Hari ini serentetan merek-merek dan harga menunjukkan bahwa ekosistem Android menawarkan kelebihan bagi para pengguna. Sementara Apple masih menguasai pasar, dan Google dengan cepat menjadi saingan utamanya,” ujarnya.
Sebuah survei berbeda oleh lembaga penelitian IDC pekan lalu menemukan tiga dari empat smartphone yang dikirim ke sluruh dunia menggunakan platform mobile yang didukung Google, meskipun perangkat iOS Apple sangat berkembang.
Milanesi mengatakan produsen BlackBerry, Research in Motion,”memiliki tantangan besar dalam mendapatkan kembali keberadaannya di dunia bisnis.”
Dia mengatakan bahwa dalam pasar bisnis, Windows 8 akan menempati posisi ketiga di belakang pasar tablet Apple dan Android hingga 2016, dengan ketertarikan lebih banyak berasal dari bisnis dibandingkan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar